Teknik Terbaik Penentuan Harga

Teknik Terbaik Penentuan Harga Jual Untuk Produk Anda

Teknik Terbaik Penentuan Harga Jual Untuk Produk Anda – Dalam sebuah bisnis, penetapan harga akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan dan kemajuan bisnis tersebut. Maka dari itu, penetapan harga yang tepat akan mampu membuat bisnis yang anda jalani tersebut bisa cepat berkembang.

Dari sisi konsumen sendiri, harga merupakan sesuatu yang akan dipertimbangkan oleh para calon konsumen anda sebelum mereka membeli atau menggunakan jasa yang anda jual. Dengan pertimbangan hal tersebut, untuk para pebisnis sebaiknya memiliki teknik sendiri untuk dapat menentukan harga yang tepat untuk produk atau jasa yang dijualnya.

Namun kenyataannya, untuk beberapa pebisnis menentukan sejumlah harga yang sesuai untuk barang atau jasa yang dijualnya bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, terdapat berbagai macam pertimbangan, misalnya saja jika menentukan harga terlalu mahal maka takutnya tidak akan ada konsumen yang mau membeli, dan jika menentukan harga yang terlalu murah, maka takutnya tidak mendapatkan untung dari apa yang sudah dijual.

Berdasarkan hal diatas, untuk anda para pelaku bisnis baik yang sudah lama berkecimpung didunia bisnis maupun yang masih baru, untuk dapat menentukan harga yang tepat untuk produk baru anda maka beberapa Teknik Penentuan Harga berikut ini akan menjadi refrensi untuk anda.

Teknik Terbaik Penentuan Harga

Untuk dapat menentukan harga dari produk yang anda jual, sebaiknya langkah pertama yang harus anda lakukan ialah dengan memilah produk anda mana yang tergolong produk lama dan mana saja yang tergolong produki baru karena secara umum teknik penetapan harga dibagi menjadi dua jenis yaitu penetapan untuk produk lama (produk yang sudah lama anda jual di toko anda) dan produk baru (produk yang baru saja anda rilis di toko anda). Untuk lebih detailnya, silahkan simak beberapa penjelasan dibawah ini :

Penentuan Harga Produk Lama

Cara awal yang bisa anda lakukan untuk menentukan harga untuk produk lama anda ialah dengan cara melihat kondisi pasar. Dengan dinamika pasar yang kerap sekali berubah-ubah maka anda harus jeli dalam menentukan harga untuk produk anda tersebut. Harga yang anda tentukan haruslah disesuaikan dengan seiring waktu. Beberapa teknik penetapan harga yang bisa anda gunakan yaitu:

  1. Harga yang standar

Dengan menentukan harga yang sama pada level pasaran, maka konsumen akan beranggapan bahwa harga untuk produk tersebut masih stabil.

  1. Menurunkan Dari harga Standar

Langkah menurunkan harga produk lama dengan harga standarnya ini dilakukan karena bertujuan untuk menarik perhatian pelanggan terhadap produk tersebut. Selain itu, langkah penurunan harga ini dilakukan karena kurangnya minat kkonsumen terhadap produk tersebut.

  1. Menaikan Dari Harga Standar

Untuk langkah yang satu ini, biasanya para pedagang melakukannya untuk barang-barang yang tergolong laris di pasaran, hal ini dilakukan untuk lebih meningkatkan keuntungan pedagang.

Penentuan Harga Untuk Produk Baru

Untuk kategori produk baru, terdapat 2 langkah yang bisa anda lakukan, yaitu skimming price dan Penetratioan Price. Berikut ini adalah penjelasan untuk masing-masingnya:

  1. Skimming Price

Teknik yang satu ini ialah dengan memberikan harga yang tinggi untuk produk yang baru anda rilis, namun juga diimbangi dengan diskon yang tinggi juga. Seiring dengan berjalannya waktu, harga untuk produk baru tersebutpun secara perlahan akan mulai turun. Ini biasanya diterapkan pada beberapa barang elektronik.

  1. Penetration Price

Teknik yang satu ini berkebalikan dengan skimming price. Tekni ini menerapkan sistem pemberian harga diawal, namun seiring waktu harga tersebut akan naik secara perlahan. Tekni ini biasanya digunakan oleh beberapa operator seluluer.

Tujuan Penentuan Harga

Dari beberapa penjelasan diatas, ada beberapa hal yang bisa kita peroleh, salah satunya ialah tujuan dari penentuan harga. Secara umum, ada 4 tujuan utama dari penentuan harga, diantaranya ialah: pertama, harga ditentukan karena ada tujuan untuk mendapatkan laba. Dalam penerapan harga ini tentu saja harus anda kontrol agar penentuan yang anda lakukan tersebut tidak terlalu mahal. Kedua, tujuan untuk menetapkan harga ialah untuk memperbesar penjualan.

Untuk tujaun yang kedua ini lebih fokus pada jumlah barang yang akan dijual sehingga patokan harganya pun relatif lebih murah. Tujuan yang ketiga yaitu agarpamor usaha anda naik. Untuk yang satu ini biasanya harga produk atau jasa anda akan ditetapkan lebih murah karena sebagai bentuk daya tarik untuk para calon konsumen anda agar berkenan membeli produk atau jasa yang anda tawarkan. Yang terakhir ke empat yaitu tujuan untuk stabilitas harga. Hal ini dimaksudkan agar harga produk atau jasa yang anda tawarkan bisa stabil dengan harga yang ada dipasaran.Baca juga: Jenis usaha kecil menguntungkan yang ada disekitar kita

Itulah penjelasan artikel tentang Teknik Penentuan Harga yang tepat. Untuk anda yang sudah lama terjun di dunia bisnis ataupun yang masih baru, semoga informasi yang dipaparkan diatas bisa bermanfaat untuk anda. dan jika anda ingin memulai bisnis kami Xweb.co.id siap membantu mengembangkan bisnis agar dapat di akses diseluruh dunia, terimakasih.

Comments are closed.