konsep marketing mix

Mengenal Konsep Marketing Mix Lebih Dekat Untuk Perkembangan Bisnis

Dalam membangun sebuah bisnis, agar bisnis yang anda jalankan tersebut bisa berkembang dan banyak menghasilkan keuntungan untuk anda, maka dibutuhkan kreativitas dan kecakapan dalam menjalankannya. Pada dasarnya terdapat banyak sekali faktor yang mempengaruhi bisnis yang anda jalankan tersebut agar bisa berkembang, misalnya saja kedisiplinan, kreativitas, jaminan kualitas, pelayanan yang baik dan cara mempromosikannya.

Salah satu faktor yang akan dibahas dalam artikel ini ialah tentang bagaimana cara anda promosi. Dengan menerapkan strategi promosi yang baik, maka penjualan anda akan meningkat dan seiring meningkatnya penjualan anda maka semakin berkembang juga bisnis anda tersebut. Secara singkat, promosi yang baik bisa menentukan perkembangan dari sebuah bisnis.

Lalu, bagaimanakah cara promosi yang baik? dan apa yang harus dilakukan agar promosi dari bisnis anda bisa berkembang? Untuk bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, mungkin penjelasan dibawah ini akan menjadi jalan yang secara tidak langsung menjawab pertanyaan diatas.

Konsep Marketing

Sebagai salah satu pebisnis, mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan konsep marketing yang satu ini yakni 4P. konsep yang satu ini bisa anda terapkan untuk menjalankan bisnis yang anda geluti sekarang ini. 4P merupakan singkatan dari product, price, place dan promosi. Namun, seiring dengan perkembangan zaman yang sekarang semakin canggih, 4p ini sudah tidak terlalu diperhatikan lagi, sehingga muncullah beberapa aspek yang baru dan menjadi 7P dengan penambahan Proses, People, Phisycal evidence. 

Konsep tersebutlah yang sekarang ini dikenal dengan Konsep Marketing Mix (Marketing Gabungan) yang sudah tidak kalah trend di kalangan para pebisnis. Banyak para pebisnis yang akhirnya terbukti sukses karena menerapkan konsep-konsep tersebut. Untuk lebih jelasnya dengan konsep 7P, berikut ini adalah penjelasannya :

  1. Product

P yang pertama ialah product. Product merupakan segala macam bentuk hal yang anda jual kepada konsumen dan tentunya hal tersebut juga dibutuhkan oleh konsumen. Product yang anda jual tersebut bisa berupa barang ataupun sebuah jasa. Untuk dapat memuaskan konsumen anda, maka barang atau jasa yang anda jual haruslah barang yang memiliki kualitas yang baik serta mutu yang terjamin.

  1. Price

P yang selanjutnya ialah price. Price yang dalam bahasa inggris artinya harga. Harga disinis memiliki arti bahwa besarnya jumlah uang yang harus dibayar oleh konsumen untuk bisa mendapatkan barang atau jasa yang anda pasarkan. Sebagai seorang pebisnis, anda harus bisa menentukan harga yang tepat untuk barang atau jasa anda. Hal ini dikarenakan harga yang anda tetapkan tersebut bisa mempengaruhi daya beli dari konsumen anda.

  1. Place

Tempat usaha atau place merupakan salah satu faktor penting yang tidak bisa anda remehkan untuk perkembangan bisnis anda kedepannya. Dalam mennetukan tempat untuk membangun sebuah usaha anda harus memperhatikan apa jenis usaha yang anda kembangkan sehingga akan sinkron antara barang  atau jasa yang anda pasarkan dengan tempat atau bisnis placenya. Pilihlah tempat yang strategis dan mudah dilihat ataupun dikunjungi oleh orang-orang, sehingga setiap orang yang lewat bisa melihat tempat usaha anda tersebut.

  1. Promosi

P yang selanjutnya ialah promosi. Promosi merupakan kegiatan bisnis yang bertujuan agar bisa yang kita kelola bisa lebih dikenal dengan orang banyak dan jangkauan yang lebih luas lagi dari yang sebelumnya serta dapat membuat orang-orang lebih tertarik dengan bisnis yang anda jalankan tersebut. Kemaslah promosi bisnis anda semenarik mungkin sehingga orang-orang akan penasaran dengan product yang anda jual. Untuk itu jika anda sudah memiliki website dalam menjalankan bisnis, sebaiknya anda melakukan promosi di google ads

  1. Process

Proses merupakan sebuah tahapan dimana penjual menawarkan barangnya kepada konsumen sampai dengan proses transaksi berlangsung. Hal ini meliputi dengan pelayanan yang akan berikan kepada konsumen anda. Berikanlah pelayanan yang bagus agar konsumen anda tersebut berkenan lagi untuk menggunakan jasa anda dikemudian hari.

  1. People

Faktor P yang selanjutnya ialah people (orang-orang). Yang dimaksud disini ialah semua orang yang berkaitan dalam bisnis anda, bukan hanya para konsumen namun juga semua SDM yang anda libatkan dalam setiap proses bisnis anda tersebut. Hal ini harus anda perhatikan karena mengingat kecenderungan orang terhadap dunia bisnis berbeda-beda.Baca juga: Bisnis makanan ringan modal kecil tapi menguntungkan

  1. Physical Evidence

Ini merupakan semua peralatan yang anda gunakan baik untuk melayani para konsumen anda, maupun juga yang anda gunakan dalam proses bisnis hingga transaksi berlangsung. Dalm hal ini berkaitan dengan peralatan atau fasilitas yang anda gunakan.

Demikianlah tadi sedikit pembahasan kita pada kesempatan kali ini mengenai Konsep Marketing Mix. Semoga saja ulasan diatas dapat melengkapi wawasan serta bisa menjadi referensi yang bermanfaat dalam upaya pengembangan bisnis anda. Salam sukses selalu untuk anda !

Comments are closed.